Membuat Video Pembelajaran Dengan Powtoon



Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era globalisasi mengharuskan pembaharuan secara menyeluruh dalam bidang kehidupan khususnya dalam bidang pendidikan yang mutlak diperlukan untuk meningkatkan sumber daya manusia yang mampu bersaing dalam dunia global. Seiring dengan meningkatnya tuntutan akan mutu dan kualitas pendidikan, profesionalisme pendidik juga menjadi wacana di dunia pendidikan saat ini. Guru sebagai pilar utama yang berinteraksi langsung dengan siswa dalam pembelajaran diharapkan mampu meningkatkan kualitas pembelajarannya dan memiliki kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan dalam pengelolaan siswa, yaitu mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik dengan suasana dialogis dan interaktif, sehingga pembelajaran menjadi aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (Sagala 2009).

Media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang digunakan dalam
kegiatan pembelajaran agar dapat merangsang pikiran, perasaan, minat dan
perhatian siswa sehingga proses interaksi komunikasi edukasi antara guru dan siswa dapat berlangsung secara tepat guna dan berdayaguna. Pendidikan dan media pembelajaran memiliki kaitan yang sangat erat. Proses pembelajaran tidak akan berjalan lancar tanpa adanya media pembelajaran yang tepat. Media adalah perantara atau pengantar pesan dari pemberi kepada penerima pesan. Media adalah segala bentuk dan saluran yang digunakan orang untuk menyalurkan pesan atau informasi. Penggunaan media yang tepat mampu menyampaikan informasi maupun pesan yang disampaikan oleh penyampai pesan sehingga dapat diterima dengan jelas oleh penerima pesan. Begitu juga ketika media digunakan dalam proses pembelajaran, informasi yang disampaikan guru sebagai penyampai pesan dapat diterima dengan jelas oleh siswa sebagai penerima pesan. Pemanfaatan media yang baik serta memadai, diharapkan dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan menggairahkan. Salah satu media audio visual yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran yaitu powtoon.

Powtoon merupakan software animasi berbasis web untuk membuat sebuah presentasi yang memiliki fitur animasi sangat menarik diantaranya animasi tulis tangan, animasi, kartun, dan efek transisi yang lebih hidup serta penggunaan timeline yang sangat mudah. Dalam Powtoon hampir semua fitur dapat diakses dalam satu layar. Hal ini membuat PowToon mudah digunakan dalam proses pembuatan sebuah presentasi. Presentasi yang memiliki built-in karakter kartun, model animasi dan benda benda kartun lainnya membuat layanan ini sangat cocok digunakan untuk membuat media ajar khususnya untuk para pelajar sehingga dapat menambah minat siswa dalam pembelajaran di kelas.

Media video animasi powtoon memiliki kelebihan seperti memiliki tampilan yang menarik, interaktif, praktis, dapat memberikan feedback serta motivasi. Salah satu tugas guru dalam proses pembelajaran adalah mampu menciptakan lingkungan belajar yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa sangat penting untuk melihat kemampuan siswa dalam proses belajar mengajar. Pada proses belajar mengajar guru harus mampu menghasilkan hasil belajar yang maksimal.




Post a Comment

Previous Post Next Post